10 Keunikan Dari Ikan Koi

10 Keunikan Dari Ikan Koi [ www.Up2Det.com ]Siapa yang tidak tergoda dengan keindahan Ikan Koi. Ikan koi memang indah. Sisiknya yang berwarna - warni dan bentuk tubuhnya yang menggemaskan, membuat ikan ini banyak dicari orang.

Meskipun ikan koi ini bibitnya awalnya berasal dari daratan Tiongkok lalu menyebar ke Jepang, namun kini banyak dibudidayakan di dalam negeri. Dari negara asalnya Jepang, Koi memiliki 174 jenis namun yang dikenal hanya beberapa saja.Koi merupakan ikan kolam, keindahannya hanya akan terlihat bila berada di kolam dan dilihat dari atas. Koi bukan ikan akuarium, jika dimasukan ke dalam akuarium tak akan menunjukkan keindahan dan keasyikan ketika memandanginya.

KOI (bahasa Tionghoa dan bahasa Jepang: Romaji: koi) adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer.

Koi dianggap membawa keberuntungan. (Wikipedia). Dari sekian banyak jenis ikan koi, ada tiga yang sangat terkenal yang disebut gosanke, yaitu :

10 Keunikan Dari Ikan Koi [ www.Up2Det.com ]10 Keunikan Dari Ikan Koi [ www.Up2Det.com ]10 Keunikan Dari Ikan Koi [ www.Up2Det.com ]
- Kohaku, ikan koi yang punya corak warna merah di atas warna putih.
- Sanke, jenis ikan koi yang bercorak warna merah dan hitam di atas warna putih, tetapi corak hitam tidak terdapat di kepala.
- Showa adalah ikan koi hitam bercorak warna merah dan putih.

Mengapa ikan koi unik? Ikan koi dapat menjadi teman seumur hidup,karena umurnya relatif panjang. Di Jepang ada yang sampai berumur 200 tahun, warna-warninya beragam, indah, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mudah menerima makanan, lemah lembut dan jinak, serta raja ikan hias air tawar. Kata koi, menurut penulisan Jepang, memang bisa menimbulkan dua makna berbeda. Makna pertama adalah ikan, sedangkan makna kedua menjadi murni atau sempurna. Dari kedua makna ini, seperti dikutip breederkoi.com, koi bisa diartikan sebagai ikan yang mempunyai garis rapi dan teratur pada sisik di badannya. Artinya, koi merupakan ikan yang benar-benar sangat menguntungkan dan sangat ideal untuk seni.

10 KEUNIKAN KOI

- Bisa menjadi teman seumur hidup.

"Takdir "hidup koi sangat panjang. Di Jepang ada yang sampai berumur 200 tahun.

- Warna-warninya beragam.

Koi mempunyai corak warna yang sangat beragam dan setiap pola warna koi sangat berbeda,

- Koi tidak terlalu mahal.

Pada umumnya. orang beranggapan bahwa koi sebagai ikan hias yang harganya mahal. Tapi jika kita mau memeliharanya mulai dari kecil ikan ini tidak terlalu mahal.

- Koi mudah menyesuaikan diri.

Koi juga dikenal sebagai ikan yang gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini bisa menempati hampir semua tempat.

- Koi mudah menerima makanan.

Salah satu sebab mengapa koi mudah dipelihara adalah karena koi mudah menerima makanan apa saja. Tidak seperti halnya pada budidaya kodok. Kodok sulit dibudidayakan karena perilaku makanannya sangat khusus.

- Tidak pemilih terhadap perawatnya.

Pada umumnya sebuah hobi hanya milik perorangan. Kalau seorang ayah mempunyai kegemaran memelihara burung, mungkin anggota keluarga yang lain tidak bisa ikut menikmati karena memang tidak tahu apa yang menarik dari burung tersebut. Tapi kalo memelihara koi, banyak orang yang bisa menikmati

- Koi lemah lembut dan jinak.

Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan menyiksa koi pendatang baru. Koi sangat lemah lembut.

- Koi Ikan Samurai.

Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apa pun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.

- Raja Ikan Hias Air Tawar.

Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar dan merupakan ikan bergengsi. Kepalanya besar dengan dihiasi sepasang kumis. Kumis inilah yang membedakannya dengan ikan mas koki, Carassius auratus.

- Koi Merupakan Karya Seni Jepang.

Koi mempunyai sejarah panjang sebagai ikan peliharaan. Ikan ini diimpor ke Jepang dari tempat asalnya di Asia Tengah lewat Cina dan Korea.
 

You Might Also Like

2 comments

  1. Beduwe, salah satu jenis koi yang bersirip panjang (hobiis menyebutnya kumpay) berasal dari Indonesia loh . . tapi cuma katanya sih. Masalah koi berasal dari Chinapun nda bisa dikonfirmasi kebenarannya. Kebetulan saja China memiliki budaya tulis yang lebih lama dari Indonesia. (bukti tertulis). Catatan sejarah yang sempat tercatat ttg koi di Indonesia kan cuma sampai dimasa pak Karno membawanya ke Indonesia. (salah satu sebab Blitar-kampungnya pak Karno- menjadi salah satu kota dengan budaya Koi yang kuat di Indonesia. Kota yang lainnya Sukabumi, dan sekarang dibeberapa kota seperti Makassar, Yogyakarta, sudah mulai bermunculan koi farm-koi farm independen yang belum seprofesional koi farm di Jepun sana.

    BalasHapus
  2. low koi kumpay Que ska tuw, tpi ge sdih ne kumpay Que kmrn bnya' yg tba-tba mati, pdal sehat-sehat ja...
    :(

    BalasHapus

About

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ditunggu Kunjungan Berikutnya